Rabu, 06 Juni 2012

Entreprenuer (kewirausahaan)


Mensinergikan potensi dalam memaksimalkan aktualisasi diri lintas sectoral
Oleh Suharto

Wirausaha harus dilakukan tidak hanya sekedar diajarkan karena melalui pendidikan dan latihan dapat mengurangi resiko kegagalan dalam berwirausaha. Wirausaha harus dilakukan tidak sekedar diajarkan,pedidikan kewirausahaan memang perlu diperkenalkan disekolah-sekolah untuk menginformasikan kepada siswa bahwa kewirausahan itu penting dan berkontibusi pada pertumbuhan ekonomi  untuk mewujudkanya diperlukan pendidikan dan latihan untuk mengurangi resiko gagal.untuk menjalankan usaha sendiri, sseorang harus mempunyai karisma di dalam dirinya .kharisma ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki visi atau impian dan semangat yang luar biasa untuk mewujudkan impianya tersebut.
Oleh karena itu ,materi-materi ajar kewirausahaan di sekolah kejuruan dan politeknik ;tak serta–merta akan menghasilkan wirausaha karena mereka tidak bisa dilatih atau dididik. yang bisa dilakukan adalah melatih atau mendidik seseorang yang memiliki bekal ide dan semangat atau bahkan sudah memulai usahanya sedikit demi sedikit untk membuat rencana atau strategi usaha .hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kegagalan usahanya dan memastikan keberhasilan usaha yang jelas ,dipastikan usahanya pun akan berhasil.sekolah-sekolah kejuruan sangat berguna dalam hal ini dan para wirausahawan yang sukses juga bisa berbagi ilmu dengan siswa disekolah-sekolah kejuruan.
Menjadi seorang wirausaha yang sukses pun tidak perlu harus memulai usaha sejak usia muda.selama ini banyak beredar anggapan keliru bahwa jika ingin sukses ,seseorang harus memulai usaha sejak usia 19 atau 21 tahun .jika tidak ,tidak akan pernah berhasil menjadi wirausaha.tetapipada kenyataanya banyak orang yang memulai usaha justru ketika sudah pensiun.
Salah satu bentuk wirausaha yang banyak membaawa pengaruh adalah kelompok usaha kecil,sebaiknya kelompok usaha kecil justru mampu menghadapi karena lebih lincah,fleksibel,serta cepat mengambil keputusan.
Selanjutnya adalah tentang jiwa entrepreneur,tidak semua orang bisa menjadi seorang entrepreneuer tidak mudah memang menjadi seorang entrepreneuer tetapi mengingat peluangnya yang begitu terbuka dan luas ,dapat dipastikan bahwa kesempatan untuk menjadi lebih besar dibandingkan menjadi pekerja kenyataan tersebut semestinya menyadarkan generasi muda untuk mengubah orientasinya dari seorang pencari kerja menjadi seorang entrepreneuer.menjadi seorang entrepreneuer dituntut beberapa karakter dasar yaitu karakter hemat,rajin bekerja,rajin belajar dan disiplin.tidak perduli apakah dia seorang karyawan swasta,pegawai negri,pegawai negri sipil,tentara,polisi dsb ataupun wirausahawan mereka semua memerlukan karakter dasar tersebut agar bisa menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya.
Karakter entrepreneuer hanya bisa didapat dari akumulasi pengalaman seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya ,yang kemudian dijadikan sebagai pelajaran bagi dirinya dan kemudian secara berkelanjutan menggunakannya sehingga menjadi karakter yang melekat dalam dirinya dalam menjalankan usaha selanjutnya. 












Entreprenuer
Oleh Bambang Nugroho
Pada zaman dahulu di Indonesia khususnya pada zaman kerajaan sriwijaya kita pernah menjadi pusat belajar bagi siapapun dari seluruh penjuru dunia sampai pada tahun 1970 mahasiswa malaysia pun belajar di berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Tapi apa yang terjadi sekarang adalah sebalikya, banyak fenomena fenomena yang menunjukkan kemerosotan jiwa entrepreneurship contohnya saja sekarang kita belajar bisnis harus ke negeri orang seperti Singapura, Amerika,Inggris, Jerman, Australia, jepang dsb. Maka dari itu pada era sekarang ini kita dituntut untuk memiliki keunggulan kreatif dan kompetensi kreatif. Maksudnya kita harus sanggup melihat peluang yang tidak terlihat oleh orang lain dan memiliki sikap mental positif. Hal itu semua bisa diwujudkan apabila kita mempunyai impian harapan dan cita yang tinggi, dan untuk dapat mewujudkannya kita harus memulainya dari aksi yang kita miliki yaitu
1.      Ciptakan perubahan kreatif berarti, yang tadinya tidak bernilai menjadi lebih bernilai
2.      Hasilkan produk akhir yang memiliki nilai pasar/jual
3.      Mampu memulai dari nol atau dari kotoran/rongsokan yang dianggap tidak berharga menjadi sesuatu yang berharga
Untuk menjadi intreprenuer yang paling diperlukan adalah ide, karena ide adalah otak dari langkah langkah yang kita ambil kedepan, apalah artinya jika kita mempunyai modal yang cukup tapi tidak mempunyai ide yang mumpuni, hasilnya adalah kegagalan. Selain ide kita juga harus mempunyai motivasi kerja yang tinggi untuk menjaga agar mempunyai semangat dalam menjadi entrepreneur yang sukses.
Cara untuk memulai berusaha adalah dengan 3 cara yaitu
1.      Merintis usaha baru
2.      Membeli perusahaan orang lain
3.      Kerjasama management

Setelah kita memulai dunia kerja kita harus melkukan dengan sungguh sungguh apa yang kita pilih agar yang dihasilkan maksimal, jalani dahulu apa yang kita miliki dahulu lalu memanfaatkan peluang dan memainkan kreatifitas kita seperti memanfaatkan potensi dan peluang yang ada sebelum orang lain melakukannya, dapatkan celahnya, modifikasikan yang sudah ada, hingga mempunyai nilai dan fungsi yang berbeda. Terus kembangkan kreatifitas kita karena kreatifitas itu tanpa batas. Contonhya dagadu, dan jogger,



























Instal Entreprenuer Motivation
In Your Mind
Oleh Edy Legowo

Softskill adalah sekumpulan sifat pribadi  seperti terjaga kejujrannya dengan tutur katanya, kebiasaan pribadi, bersahabat optimis dengan orang yang bervariasi tingkatannya, softskill pelengkap hard skill dimana ketrampilan teknis diperlukan dalam bekerja. Dalam softskill ini dibagi menjadi 2 yaitu

1.      Intrapersonal skill
Yang meliputi
a.       Transformasi karakter
b.      Transformasi keyakinan
c.       Manajemen perubahan
d.      Manajemen strees
e.       Manajemen waktu
f.       Management pemikiran yang kreatif
g.      Proses berpikir kreatif
h.      penetapan tujuan dan tujuan hidup
i.        teknik belajar cepat
2.      interpersonal skill
Yang meliputi
a.       keterampilan motivasi
b.      Keterampilan komunikasi
c.       Keterampilan dalam bergaul
d.      Keterampilan dalam memimpin
e.       Ketrampilan dalam memasarkan diri
f.       Keterampilan bernegosiasi
g.      Ketrampilan presentasi
h.      Ketrampilan berbicara di public

Ciri orang yang mempunyai softskill yang tinggi
1.      Focus on “doing the right things righ” ( focus pada pikiran dan tindakan yang benar)
2.      Passion (gairah)
3.      Intelegence and clarity of think ( cerdas dan pikir jernih)
4.      Great communication skill ( ketrampilan komunikasi tinggi)
5.      High energy level ( memiliki energy tinggi )
6.      Egos in check humble ( rendah hati)
7.      Inner peace ( kedamaian diri)
8.      Capitalizing of formative early life experiences (memiliki pengalamann baik sejak dini)
9.      Strong familys lives (kehidupan keluarga yang kuat)
10.  Positive attitude (sikap positif)
Dalam kehidupan zaman sekarang banyak sekali tantangan kita alami, untuk itu kita perlu menciptakan perubahan dalam diri kita, yaitu dengan menaikkan standar diri kita, mengubah anggapan anggapan yang membatasi kita dan mengubah strategi kita. Tapi yang terpenting adalah dengan memanfaatkan energy kuantum yang kita miliki untuk memotifasi diri kita sendiri. Karena pada dasarnya setiap manusia itu mempunyai potensi untuk sukses yaitu otak, tapi tidak semua orang mampu dan mau untuk memanfaatkan potensi itu. Contohnya saja Einstein ia mampu dan mau menggunakan otaknya dengan maksimal sehingga ia menjadi orang yang sukses dan mensukseskan orang lain lewat penemuannya.
Selain  motivasi kita juga harus berpikir untuk sukses karena jika berpikir untuk sukses maka akan bisa merencanakan langkah yang diambil untuk kedepannya. Tapi disamping itu juga harus di barengi dengan beramal dan berdoa agar mendapat ridho Allah untuk sukses. Ketika kita benar benar ikhlas saat itulah doa dan niat bertautan untuk melakukan kolabolator dengan energy vibrasi qunta. Melalui mekanisme quantum yang tidak terlihat disitulah kekuatan Allah yang sedang bekerja, jika sudah demikian tiada yang mampu untuk menghalangi-Nya.


0 komentar:

Posting Komentar